Kamis, 10 Juli 2008

RANGKAIAN LISTRIK

Bahan ajar ini disusun dalam bentuk modul/paket pembelajaran yang berisi uraian materi untuk mendukung penguasaan kompetensi tertentu yang ditulis secara sequensial, sistematis dan sesuai dengan prinsip pembelajaran dengan pendekatan kompetensi (Competency Based Training). Untuk itu modul ini sangat sesuai dan mudah untuk dipelajari secara mandiri dan individual. Oleh karena itu kalaupun modul ini dipersiapkan untuk peserta diklat/siswa SMK dapat digunakan juga untuk diklat lain yang sejenis. Dalam penggunaannya, bahan ajar ini tetap mengharapkan asas keluwesan dan keterlaksanaannya, yang menyesuaikan dengan karakteristik peserta, kondisi fasilitas dan tujuan kurikulum/program diklat, guna merealisasikan penyelenggaraan pembelajaran di SMK. Penyusunan Bahan Ajar Modul bertujuan untuk menyediakan bahan ajar berupa modul produktif sesuai tuntutan penguasaan kompetensi tamatan SMK sesuai program keahlian dan tamatan SMK.

Demikian, mudah-mudahan modul ini dapat bermanfaat dalam mendukung pengembangan pendidikan kejuruan, khususnya dalam pembekalan kompetensi kejuruan peserta diklat.

I. PENDAHULUAN

DESKRIPSI MODUL

Modul ini berjudul “Rangkaian Listrik” merupakan salah satu bagian dari keseluruhan lima judul modul, dimana empat modul lainnya adalah : pengukuran listrik, interpretasi gambar listrik, kerja bangku listrik, instalasi listrik dasar. Kelima judul modul ini diturunkan melalui analisis kebutuhan pembelajaran dari unit kompetensi memelihara instalasi listrik K.HLI (1) pada sub kompetensi 2 tentang rangkaian listrik. Pengembangan isi modul ini diarahkan sedemikian rupa, sehingga materi pembelajaran yang terkandung didalamnya disusun berdasarkan topik-topik selektif untuk mencapai kompetensi dalam memelihara instalasi listrik.

Pengetahuan : Memahami konsep dasar rangkaian listrik dan teori dasar transformator yang akan digunakan dalam teknik listrik.

Keterampilan : Melakukan pemilihan jenis komponen rangkaian listrik yang sesuai dengan kebutuhan yang akan digunakan dalam pemasangan rangkaian listrik.

Sikap : Penentuan dan pemilihan komponen listrik yang cocok untuk digunakan sebagai keperluan dalam pemasangan teknik listrik



Kata kunci : rangkaian listrik, modul rangkaian listrik


Download artikel lengkap : Download

0 komentar:

 

Template by NdyTeeN